Jumat, 15 November 2019

Langkah-langkah Menginstall Xampp pada Win 10


Xampp adalah perangkat lunak gratis yang mendukung banyak Sistem operasi. Fungsinya adalah sebagai server yang terdiri sendiri (localhost) yang terdiri atas program Apache HTTP server, MySQL Database, dan penterjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemograman PHP dan Perl. Nama Xampp merupakan singkatan dari X (empat Sistem operasi apapun) Apache, MySQL, PHP dan Perl. Nah, untuk cara installnya sebagai berikut:
1.   Pada folder Download di This Pc akan terlihat file Setup Xampp versi 5 dengan size 143 MB maka klik dua kali atau klik kanan dan pilih Run as Administrator untuk memulai proses penginstallannya.

2.      Tahap awal penginstallan akan tampil logo Bitnami.

3.  Selanjutnya tampil konfirmasi yang berkaitan dengan antivirus yang digunakan maka klik yes untuk lanjut ke tahap berikut.

4.      Jika tampil warning User Account Control (UAC) maka klik Ok.

5.      Pada Xampp Setup Wizard klik Next.

6.     Pada Select Components, terdiri dari server seperti Apache, MySQL (Basis Data) dll. Selanjutnya adalah Program Languages seperti PHP dan Perl, dan tyang terakhir adalah program Languages lagi yang terdiri dari phpMyAdmin dll. Maka centang pada komponen-komponen yang dibutuhkan untuk penginstallan dan klik Next.

7.  Pada Installation Folder, klik icon untuk pilih folder penyimpanan file penginstallan selanjutnya klik Next.

8.      Pada Bitnami for Xampp klik Next.

9.      Ready to Install klik Next.

10.   Proses penginstallan sedang berlanjut.

11.  Completing  The Xampp Setup Wizard klik Finish untuk keluar dari halaman Setup dan selesai proses penginstallannya.

12.  Setelah selesai proses pengistalan maka Xampp Control Panel akan terbuka, pada Apache dan MySQL klik start untuk Running.

13. Terakhir pada web browser ketikan localhost/phpmayadmin untuk mengecek kesiapan web server untuk digunakan.

Video:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar