Rabu, 17 Juni 2020

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada Proposal Tugas Akhir dalam Satu File Word


Pada dokumen Word kita dapat membuat format nomor halaman yang berbeda dalam satu file atau dokumen. Pengaturan nomor halaman yang berbeda ini biasaanya akan digunakan dalam proposal tugas Akhir, Tugas Akhir, Skripsi dan karya tulis lainnya. Nah, pada tutorial kali ini saya berbagi tentang "Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada Proposal Tugas Akhir dalam Satu File Word ". Ok. untuk caranya baca Blog ini sampai selesai ya !!
1. Buka file Proposal Tugas Akhir yang akan diberi nomor halaman.
    2. Pada Heading klik pada menu Insert selanjutnya klik pada Page Number lalu pilih salah satu format penomoran halaman yang diinginkan.

  3. Pada Menu Design centang pada Different First Page fungsinya adalah untuk membuat nomor halaman pada lembar pertama tidak terlihat.

   4. Selanjutnya letakkan kursor pada lembar yang akan diganti halamannya selanjutnya klik pada menu Page Layout > Breaks > Next Page.

   5. Klik menu Insert selanjutnya pada Page Number klik paada Format Page Number.

   6. Pilih jenis angka romawi dan klik pada form dimulai dari nomor berapakah page ini, selanjutnya klik Ok untuk menerapkan settingan format penomoran.

   7.  Disini terlihat bahwa pada Caver nomor halamannya tidak terlihat, dan pada Lembar Pengesahan dan Lembar Pernyataan menggunakan format nomor halaman dengan angka romawi.

   8. Pada Bab I hingga seterusnya akan digunakan nomor halaman dengan Angka biasanya. caranya sama seperti langka 4 sampai 7 hanya saja format penomorannya berbeda.

    9. Selanjutnya letakkan kursor pada lembar yang akan diganti halamannya selanjutnya klik pada menu Page Layout > Breaks > Next Page.

    10. Klik menu Insert selanjutnya pada Page Number klik paada Format Page Number.

  11. Pilih format angka biasannya dan klik pada form dimulai dari nomor berapakah page ini, selanjutnya klik Ok untuk menerapkan settingan format penomoran.
   
  *Jika pada footer tidak tampil penomoran halamannya maka silahkan hapus centang pada menu Design>Defferent First Page.
  12. Disini terlihat bahwa pada BAB I sampai seterusnya menggunakan nomor halaman biasanya. Selanjutnya klik Close Header and Footer untuk menutup bagian penomoran halaman.

Link Video : 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar