Rabu, 17 Juni 2020

Nafigation Pane dan Replace pada Word

Nafigasi merupakan arahan atau petunjuk untuk memudahkan mencari kata atau kalimat word pada suatu halaman dari document word dan juga memudahkan kita agar dapat berpindah dari satu lembar ke lembar lainnya dengan cepat. Caranya mengaktifkan dan menggunakan Nafigasi adalah sebagai berikut:
1.      Buka dokumen word, pada Heading pilih menu View, Pada bagian Show centang pada Navigation Pane untuk mengaktifkan Nafigasi, bisa juga dengan cara klik pada Find dibagian Editing pada kanan atas Word, atau bisa juga dengan cara tekan CTRL + F pada keyboard.
2.      Selanjutnya pada form search Document kita bica mencari kata atau kalimat yang kita inginkan pada dokumen kita dengan cepat.
3.      Dimisalkan disini saya mencari kalimat sistem informasi. Maka langsung saja ketikkan pada form pencarian dan tekan enter atau klik pada icon search maka pada bagian bawah form pencarian akan tampil seberapa banyak kalimat sistem informasi dalam dokumen, disini tertampil 33 kali. Selajutnya akan tampil pada halaman berapa saja yang terdapat kalimat sistem informasi tersebut.
4.      Jika kata atau kalimat yang kita cari tidak terdapat dalam dokumen maka akan tampil di bawah form pencarian informasi kalau apa yang dicari tidak ada.

Video:


Ok itu adalah tutorial singkat bagaimana mengaktifkan dan menggunakan Nafigasi. Selanjutnya fungsi Replace. Replace berfungsi mengubah kata/atau kalimat yang diinginkan secara langsung dan sekaligus tanpa harus lagi ke document dan mengubanya satu per satu saat ditemukan. Caranya menggunkana Replace sebagai berikut:  
1.      Pada Heading dalam Dokumen Word klik pada Replace pada bagian Editing di kanan atas Word atau bisa langsung dengan menekan tombol CTRL + H pada keyboard.
2.      Selanjutnya akan tampil Find and Replace, pilih pada Replace. Pada Replace ini terdapat dua form yaitu find what untuk menampung kata atau kalimat yang ingin diganti dan Replace With yaitu form untuk menampung kata atau kalimat yang akan menggantikan kata atau kalimat pada find what.
3.      Dimisalkan form pertama diiisi dengan kalimat sistem informasi dan form kedua diisi dengan kata contoh. Artinya bahwa kita akan menggantikan kalimat sistem informasi pada dokumen dengan kata contoh. Setelah diisi formnya maka selanjutnya klik Replace All.
4.      Selanjutnya akan tampil pemberitahuan bahwa proses Replace telah terselesaikan dan juga informasi seberapa banyak kata atau kalimat yang di replace, selanjutnya tekan OK.
5.      Setelah kita mengikuti langkah pada no 3 dan 4 maka ketika kita mencari kalimat sistem informasi maka akan tampil pemberitahuan dibawa form search bahwa apa yang dicari kosong. Karena kita menggantikannya dengan kata contoh. Coba dilihat pada gambar no enam.
6.      Disini terlihat bahwa kata contoh 33 kali digunakan dalam dokumen word.

Video:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar