Jumat, 25 Oktober 2019

Cara translate File Word dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan lainnya ataupun sebaliknya


Kali ini saya menulis tentang cara translate text pada lembar kerja Word dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan lainnya ataupun sebaliknya pada App Internet Explorer. Pada Ms. Office 2010 telah tersedia fitur Translate, Ms. Office 2010 telah terkoneksi dengan App Internet Explorer. Jadi text, dokumen pada lembar kerja word bisa di translate langsung dari lembar kerja word dengan cara di send ke Internet Eksplorer untuk di translate sesuai Bahasa yang diinginkan. Pada fitur translate ini tersedia sekitar 50 lebih Bahasa selain Indonesia seperti English (U.S), Arabic, Italy, Korean dll. Adapun caranya sebagai berikut:
1.    Buka file yang akan di translate.

2.   Blok bagian text atau paragraf yang akan di translate dan klik kanan pada text yang telah diblok selanjutnya pilih Translate.

3.    Akan tampil pada kiri lembar kerja word Research. Ada beberapa bagian diantaranya:

·     Search for:, pada bagian ini akan menampung text yang akan di translate.
·     Translation, pada bagian ini ada dua form yaitu form From dan form To, pada form From klik pada ceklist untuk memilih bahasa text yang digunakan saat ini yaitu Indonesia, dan pada form To klik pada ceklist untuk memilih bahasa tujuan translate misal English, Arabic dll. Setelah settingan bahasa maka klik pada anak panah hijau di bawah kalimat Translate the whole document untuk lanjut pada proses selanjutnya.
4.  Setelah klik pada anak panah hijau maka akan tampil konfirmasi apakah akan lanjut proses translate dokument maka klik send untuk lanjut dan Do not send untuk membatalkan proses translate.

5. Proses translate gagal karena tidak ada koneksi internet, karena untuk proses translate membutuhkan koneksi internet.

6.    Pastikan telah terkoneksi dengan wifi.

7.   Selanjutnya reload tab translate atau bisa ke dokumen dan ulangi proses dari nomor 1-4 maka akan secara otomatis text tertranslate pada web translator.


8.   Selanjutnya klik kanan dan pilih Select All untuk memblok semua text hasil translate.

9.   Klik kanan dan pilih copy.

10. Silahkan pastekan pada lembar kerja word. Pada hasil translate terlihat beberapa kata yang tidak tertranslate, ini dikarenakan web translator tidak mengenali kata tersebut. Seperti pada paragraf pertama kata era, harusnya diganti masa, zaman untuk dikenali web translator. Pada paragraf kedua kata organisisai yang harusnya organisasi, karena kesalahan tulisan maka web translator tidak akan mentranslate. Jadi web translator hanya mentranslate kata, kalimat yang di deteksi.

11.  Untuk mentranslate ke bahasa lain lagi maka hanya perlu mengisi form To dan akan tampil hasil translate pada Microsoft Translator. Namun pada Microsoft Translator tidak akan menampilkan semua hasil translate jika terlalu banyak text. Jadi ada baiknya translate pada web translator untuk mendapatkan hasil translate yang utuh.

12.  Pada bagian bawah Microsoft Translator ada tombol insert yang terdiri dari Insert dan Copy.

13.  Hasil translate dalam Bahasa Arabic.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar